Selasa, 28 Oktober 2008

BeRaNi KaREna GobLoK

Lama juga ga window shoping ke toko buku, ada kali kalo sebulanan. Dengan semangat membara, bertolaklah saia menuju toko buku ternama siang itu, ga usah disebutin semua orang juga pasti tau toko apa yg saia maksud. Duuhh…. Ke Gramed tanpa uang berlebih adalah kegiatan yg paling menyiksa! Gimana engga kalo banyak buku bagus tapi saia cuma bisa ngiler, nyatetin judul2 buku di HP, dan berharap suatu saat kalo dapet undian berhadiah 1 triliyun buku2 itu akan terbeli tanpa terkecuali.

Di deretan “New Release” ga seberapa banyak buku yg layak dimasukkan dalam daftar “buku angan2” saia, thanx God…. Ga terlalu ngiler… Perhentian pertama ga terlalu menguras perasaan. Beralih ke deretan buku2 psikologi, loh…. Di mana bukunya? Perasaan waktu itu di deket buku2 pelajaran sekolah, lha koq sekarang malah ga ada sama sekali, semuanya buku2 sekolah beratus-ratus judul itu. Ow… rupanya rak buku psikologi pindah ke belakang, mepet tembok, nggantiin deretan buku2 nasrani. Walaahh… ga ada yg menarik! Kebanyakan buku psikologi anak. Beralih lagi ke rak buku2 design grafis, coba ngecek apa buku yg masukkan dlm daftar “buku angan2” saia masih setia ngejogrok di raknya. Ternyata tidak…. Judul itu hanya setia nangkring di HP saia, belum sempat terbeli bahkan saat bukunya sudah raib di raknya. Untuk mengusir kejenuhan dan menambah wawasan, saia menclok ke deretan buku2 hobi, apa iya yah judul raknya “hobi” ? Saia lupa pastinya, yg jelas buku2 ttg handy craft etc. Cari2 inspirasi baru buat pengisi waktu luang. Ga banyak tambahan buku, cuma ada beberapa buku baru. Buku2 kayak “Paper Quilling”, “Paper Kolase”, Clay, origami, dan sulam-menyulan serta manik2 masih setia jadi penghuni tetap di raknya. Duuhh…. Udah lama nih tangan ga ngerjain begituan, dulu kalo lagi ada waktu luang pasti ada aja yg dikerjain, entah itu bikin kartu, paper quilling, kolase, etc… Hh… otak kanan ini harus diasah lagi!

Karena ga begitu banyak yg menarik, saia memutuskan untuk cabut aja, udah siang juga, laper… tapi pas sampe di tumpukan buku best seller, pandangan saia berhenti ke salah satu judul buku. Damn! Itu kan buku yg masuk dalam daftar “buku angan2”ku!

Hal pertama yg saia liat begitu nemu buku bagus tentu aja harganya, bukannya apa2… tapi saia sekarang lagi ga punya penghasilan lagi kayak dulu… jadi musti pinter2 ngatur duit. Delapan belas ribu… ga mahal2 amir sih… tapi kalo lagi ga punya duit ya tetep aja jadi mahal. Hh… aga nyesel juga, dulu pas kerja kenapa ga beli buku ini yah? Malah beli novel2 karya anak bangsa yg ga seberapa menggugah dan kurang menggigit, yaitu: “3 Gonggong Menerjang Badai”, “Friendlytopia”, dan “Heroes”. Kebanyakan novel2 asik yg saia punya malah novel hasil obralan atau bazar buku yg harganya paling mahal cuma 10rb, padahal itu semua novel2 sastra yg sarat makna. Judul2 yg berhasil terbeli meski saia masih belum kerja saat itu (secara harganya miring banged): “Mata yang Malas” by FX Rudy Gunawan dan “Kepundan” by Syafiril Erman, novel yg kebeli waktu saia baru keluar dr kerjaan awal September lalu: “Dunia Paralel” by Micki Mahendra (kalo yg ini biasa aja, cukup dpt bintang 2) dan “Radio Negeri Biru” by FX Rudy Gunawan (nah kalo yg ini blm sempet saia baca, tp kayaknya sih asik, hehe…) untuk kumpulan cerpen: “Dari Bui Sampai Nun” by Agus Vrisaba dan “Dunia Sukab” by Seno Gumira Ajidarma. Gila juga ya… novel2 sekelas itu malah ga laku dan hanya berakhir di bazar buku murah.

Balik lagi ke soal buku seharga 18rb tadi… Sumpah, waktu itu duit lagi pas banged buat keperluan bulan ini, buat beli moisturizer sama ongkos senam sampe akhir bulan. Tapi…. Setelah menimbang-nimbang dan berpikir lama, saia inget kalo masih menyimpan piutang (inget ya, piutang, bukan utang, alias duit saia yg dipinjem, bukan saia yg minjem duit orang) yg cukup banyak meski ga tau apa bakal dibalikin semua, maklum… ngutangin ke sodara lebih sungkan nagih daripada ke temen biasa. Alhasil, saia bulatkan tekad untuk nekat membeli buku itu, dgn konsekuensi bulan depan jajan dikurangi dan agenda untuk beli make-up murah meriah pun terpaksa dipending sampe ntar dapet kerja lagi! Hoeehh…. Semua demi buku ini. Yeah… saia lebih ga bisa nahan beli buku daripada beli baju!

Sorry...sorry... cover dpn bukunya blm smpet discan, hehe...

“Berani Karena Goblok”, judulnya memang sedikit kontroversial, terlebih waktu qta baca resensi di cover belakangnya. Tapi justru inilah yg menjadi daya tarik tersendiri, bukan cuma soal judul yg kontroversi ga mengandung arti seperti sensasi Syeh Puji yg hobi poligami sama anak2 bau kencur itu, tapi buku ini mempunyai dasar dan pemikiran yg boleh diadu dgn pejabat dan politikus negeri. Yaahh… namanya juga esai, pasti ga sekedar mengumbar kata tanpa arti!

Lebih jauh ke halaman depan setelah cover, qta bakal dikejutkan sama kotak yg letaknya di bawah tulisan “Buku ini Diterbitkan dengan Lisensi: Copyleft/ Copywrong” Kotak yang biasanya berisi larangan untuk menggandakan isi buku serta UU yg mengatur Hak Cipta itu malah menganjurkan hal sebaliknya, begini isi tulisannya:

“Diperbolehkan memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini dan menyiarkannya tanpa keharusan meminta izin apapun baik secara lisan, tertulis, maupun isyarat, untuk menggandakannya.”

Haha… dari awal aja udah mengundang kehebohan. Hari gini jarang banged ada orang yg rela bukunya digandakan secara illegal alias dibajak, tapi si Yudhista Aditya (penulis, red) malah sebaliknya. Selama ini saia sebagai novelis amatir saja masih belum sepenuhnya rela kalo karya saia dibajak (ya kalo ada yg mau mbajak, ada yg mau baca aja udah syukur). Eh, tapi tunggu dulu… pembajakan sama plagiat ini beda kan? Kalo pembajakan/ penggandaan seperti yg diuraikan si Yudhista di atas itu berarti cuma bukunya aja yg dicopy, digandain dan disebarluaskan, tapi tetep mencantumkan nama dia sebagai penulis bukunya kan? Oohhh… kalo gitu sih saia setuju2 aja, saia juga ga keberatan kalo karya saia dibajak alias digandakan, dengan catatan nama saia tetap tercantum sebagai penulisnya. Bagi saia nulis buku atau novel toh ga semata-mata untuk nyari kekayaan material dan mengejar royalty belaka, yg penting karya saia bisa dinikmati orang banyak itu sudah cukup, penghargaan ga melulu dgn rupiah, iya to? Tapi kalo ada yg berani2 menjiplak karya saia, alias plagiat, menyebarluaskan karya saia dgn mengganti nama dia, itu yang saia ga setuju! Mati pun saia rela demi mempertahankannya, alaah… lebay!

Oiya, dari buku ini saia juga tau kalo ternyata ada beberapa kelompok malah mengkampanyekan hal2 yg terkesan menantang HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual), misalnya: kampanye copyleft, copywrong, lisensi GPL (General Public Lisence), dan public domain, sementara kelompok yg condong ke kubu kapitalisme mengkampanyekan pentingnya perlindungan hak cipta dan hal paten eksklusif.

Beralih ke bagian dalam buku, qta akan disuguhkan dgn pemikiran2 Yudhista yg menyadarkan diri qta ttg berbagai kegoblokan yg sayangnya sudah mengakar pada budaya bangsa dan masyarakat qta. Bahasanya ga terlalu vulgar dan sarkastik, tapi cukup untuk menyentil mata batin qta sebagai manusia sosial dan beradab (kalau merasa masih punya adab). Ada beberapa bab yg sejalan dgn pemikiran saia, terutama yg menyangkut masalah carut marutnya pendidikan negeri ini.

Nah… berhubung si Yudhista penganut paham “copyleft” dan “copywrong”, dan itu mengisyaratkan bahwa setiap orang bebas untuk menyebarluaskan sebagian atau keseluruhan karyanya, maka di kesempatan berikutnya saia akan membeberkan, lebih tepatnya menyalin sebagian isi buku, terutama bab yg paling menggoda nurani qta, halahh…

Yo wes, c u on next posting…

Thanx Yud….
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

2 komentar:

Anonim mengatakan...

You're welcome Mex
Sayang sekali kemaren gak sempat dateng ke bedah bukunya di Puskot ya :(
Soale aku nyadar kl dlm beberapa aspek memang lemah buku itu. Lah, di bedah buku kemaren itu bener2 dibedah sama Cak San n Mas Zakaria.

Teruslah menulis ya...
tulisanmu di blog ini sudah begitu banyak, pasti akan mudah untuk menjadikannya buku :)

Salam Kenal

Anonim mengatakan...

*NUMPANG PROMO, yach...
Kesempatan emas utk para pengguna TELKOMSEL dan pecinta FACEBOOK, utk mendapatkan SEPUASNYA tanpa batas semua langsung dari handphone kamu. GAMPANG! cukup ketik REG FB kirim ke 9789 (khusus pengguna telkomsel, yach..) Anda akan mendapatkan info2 penting tentang trik2 membuat facebook (upload foto,status, comment, dll..) ato gmn cara bergabung situs jejaringan sosial lain. Ayo ooo jgn sampe ketinggalan update2 info lainny..

Posting Komentar